Selasa, 26 Desember 2017

APAKAH HIU MEGALODON ITU MASIH ADA ??

1. Hiu Megalodon Merupakan Predator Terbesar Yang Pernah Hidup


Ya guys, hiu megaladon ini luar biasa besarnya, sampai-sampai paus adalah makanannya. Bisa kebayangkan, paus gedenya segitu saja jadi makanannya, apalagi kita, hehe. Baiklah, tanpa berbasa-basi berikut ini adalah fakta ikan terbesar di dunia, yaitu hiu Megaladon.


Hiu Megaladon bisa Mencapai panjang hingga 60 kaki dan berat maksimum yang diperkirakan lebih dari 60 ton, Megalodon adalah predator terbesar yang diketahui dalam sejarah Bumi. Mungkin sekarang paus yang kita kenal seperti Paus Sperma modern lebih panjang, tapi mungkin beratnya tidak seberat Megalodon.
Sebagai pembandingan lagi, sekarang hiu terbesar yang masih hidup adalah Hiu Putih dengan besar maksimal sekitar 23 kaki dan 3 ½ ton. Namun ukuran tersebut tidak bisa mengalahkan hiu Megalodon karena Megalodon hampir 3 kali lebih panjang, dan 20 kali dan berat seperti Hiu Putih Besar.
Akhirnya banyak dari para ilmuwan yang berbeda-beda dalam masalah hasil pengukurannya karena berbedanya cara atau metodologi dalam pengukurannya. namun ukuran maksimum yang paling diterima secara ilmiah ditetapkan dalam kisaran 50 sampai 60 kaki.

2. Gigi Hiu Megalodon Bisa Mencapai Ukuran Lebih dari 7 inci.



Pada umumnya kebanyakan dari gigi hiu Megalodon dewasa berkisar antara 4-5 inci. Beberapa gigi fosil besar yang sudah berhasil ditemukan adalah lebih dari 7 inci.  Gigi hiu Megalodon terbesar yang dapat dipertanggung jawabkan adalah gigi dengan ukuran 7,48 inci yang ditemukan di dekat daerah Ocucaje, Peru.
Bandingkan saja dengan hiu putih besar yang giginya mencapai ukuran maksimal dibawah 3 inci untuk paling besar. Dari Rekonstruksi rahang Megalodon bisa menunjukkan bahwasanya rahang megalodon mencapai ukuran 7 kaki.

3.  Hiu Megalodon Tidak Sama dengan Hiu Putih Besar 



Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat umum, dari bukti fosil menunjukkan bahwa hiu Megalodon sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hiu putih besar. Ketika hiu Megalodon pertama kali dideskripsikan berdasarkan gigi fosil pada tahun 1843, ia dimasukkan ke dalam genus yang sama dengan Hiu Putih Besar, genus Carcharodon.
kedua hiu tersebut sama-sama memiliki gigi besar bergerigi dan merupakan predator puncak laut pada zaman mereka. Jadi, apakah kedua hiu tersebut sama? seiring perkembangan ilmu tentang taksonomi hiu telah berkembang dan penemuan fosil baru membuka pencerahan bagi masalah tersebut dan secara jelas asumsi tersebut tidak benar, akhirnya genus Carcharocles baru diciptakan.
Hiu Megalodon kemungkinan adalah generasi terakhir dari genus chronospecies, atau satu garis evolusi yang dapat ditelusuri kembali hampir 60 juta tahun ke hiu Otodus. Pada saat yang sama penelitian telah menunjukkan bahwa hiu Mako dan hiu putih memiliki kesamaan.
Fosil menunjukkan bahwa kedua hiu tersebut kemungkinan adalah hasil evolusi dari Broad Tooth Mako yang telah punah (Isurus hastalis), yang bercabang sekitar 5 juta tahun yang lalu. Jadi, berdasarkan apa yang dibawa oleh berita atau media populer lainnya yang menunjukkan bahwa Megalodon dan hiu terkait erat, pernyataan tersebut tidak sesuai dengan bukti fosil atau pandangan konsensus di antara para periset.

4. Makanan Hiu Megalodon adalah Paus


Hiu raksasa ini jelas membutuhkan energi yang besar dan otomatis jumlah makanan juga besar. Diperkirakan hiu Megalodon dewasa mungkin harus mengkonsumsi lebih dari satu ton makanan per hari untuk asupan energinya. Dari bukti fosil menunjukkan bahwasanya hiu Megalodon memangsa paus dan mamalia laut besar lainnya seperti Sapi Laut dan Singa Laut. Banyak fosil tulang ikan paus telah ditemukan sebagai bukti yang jelas dari tanda gigitan besar yang dibuat oleh gigi yang sesuai dengan penggalian fosil Megalodon lainnya. Ditemukan gigi Megalodon yang tergeletak di samping sisa ikan yang dikunyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar